Sekolah Tinggi agama Islam

Kontak Kami

Artikel

hadits shahih dan contoh hasil penelitiannya

HADITS SHAHIH DAN CONTOH HASIL PENELITIANNYA Oleh: Rahmatullah Istilah hadits adalah lawan kata dari kata lampau, atau bisa diartikan sebagai sesuatu yang baru, hadits yang muncul kemudian memerlukan penelitian yang sangat teliti guna mengkonfirmasi apakah hadits yang disampaikan oleh Rasulullah Muhammad SAW adalah benar dari beliau atau bukan. Oleh karena hal itu, para ulama telah mengklasifikasi hadits dari segi kualitasnya dengan kategori hadits shahih, hadits hasan dan hadits dhaif.

Kontekstualisasi Ajaran Islam, Analisa pemikiran Prof. Dr. H. Munawir Sjadzali, MA

Kontekstualisasi Ajaran Islam, Analisa pemikiran Prof. Dr. H. Munawir Sjadzali, MA Oleh: Rahmatullah Perubahan dan perbedaan merupakan sesuatu yang tidak dapat ditolak, baik dari segi perubahan waktu/zaman, perubahan sosial, perubahan ekonomi dan lain-lain, begitu pula dengan perbedaan seperti perbedaan tempat, adad istiadat/kebiasaan (urf). Perubahan dan perbedaan ini merupakan salah satu yang menjadi tantangan dalam Islam khususnya terkait dengan masalah hukum fiqh.

Dearabisasi Pada Masa Dinasti Abbasiyyah

 
Daulah Abbasiyyah adalah imperium Islam kedua setelah daulah bani Umayyah, sebagai sebuah kekhalifahan yang mampu memerintah dan mempertahankan kekuasaan selama kurang-lebih 5 (lima) abad, daulah Abbasiyyah mampu menyebar luaskan ajaran-ajaran Islam dan pengaruhnya kepada seluruh dunia serta menjadi Negara terkuat dan terluas wilayahnya ketika itu.