Al-Hikam Malang Peringati Haul Pertama KH Hasyim Muzadi

By Akhmad Said 19 Mar 2018, 07:49:41 WIBK.H Hasyim Muzadi
Al-Hikam Malang Peringati Haul Pertama KH Hasyim Muzadi
Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang, memperingati haul pertama beliau pendiri dan muassis Pesantren Al-Hikam Malang dan STAIMA Al-Hikam Malang serta KH A. Hasyiim Muzadi ketua Umum PBNU 1999-2010 KH A. Hasyiim Muzadi pada Ahad (18/3) pagi. Haul berlangsung di halaman tengah pondok serta masjid Al-Ghazali di Jalan Cengger Ayam No. 14 Kota Malang.
 
Haul diawali dengan pembacaan tawassul yang dipimpin oleh KH Mas Mansur. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Lalu sambutan mewakili tuan rumah disampaikan oleh Hilman Wajdi.
 
Acara dilanjutkan dengan pembacaan surat Yasin yang dipimpin oleh Ustadz Munjin dan tahlil oleh Rais Syuriyah PCNU Kota Malang KH Chamzawi. Para kiai bergiliran berdoa setelah pembacaan tahlil.
 
Sebelum acara inti mauidhotul hasanah, acara dilanjutkan dengan peresmian Masjid Al-Ghazali yang berada pada kompleks Al-Hikam, secara simbolis dengan pemukulan bedug. Peresmian dilakukan Ketua Yayasan Al-Hikam Abdul Hakim Hidayat, putra tertua KH Hasyim. 
 
Rangkaian acara haul yang digelar di Malang hari ini, rencananya akan digelar juga di Al-Hikam 2 di Depok, Jawa Barat pada Ahad (24/3) mendatang.
 
Tampak hadir pada acara ini antara lain, Ketua PCNU Kota Malang KH Isroqunnajah, KH Muhtar Ghazali, KH Dahlan Tamrin, KH Saifudin Zuhri, Rektor UIN Maliki Malang Abd. Haris, Rektor UB Bisri, Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, beberapa pejabat dan tokoh masyarakat, serta ribuan khalayak yang merupakan para santri dan masyarakat umum.
 
Hadir pula pada kesempatan itu, salah seorang pengasuh Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, Situbondo KH Afifuddin Muahjir dan Mustasyar PBNU yang pernah menjadi Menteri Agama RI KH Tholhah Hasan.

Video Terkait: