Outbound Asah Kebersamaan dan Kekompakan STAIMA

By Akhmad Said 17 Jan 2018, 15:47:54 WIBKegiatan Kampus
Outbound Asah Kebersamaan dan Kekompakan STAIMA

Manajemen mengharuskan bahwa dalam mencapai suatu sasaran atau goal harus dilakukan dengan cara yang elegan dan semangat kebersamaan. Beberapa cara yang dilakukan oleh penganjur teori adalah dengan mengasah kebersamaan dan kekompakan yang dikemas dengan cara Outbound bersama. Hal itu yang dicoba lakukan oleh seluruh staff dan dosen STAIMA Al-Hikam Malang pada hari Sabtu, 13 Januari 2018 di telaga Ngebel Ponorogo. Acara yang dikemas dalam bentuk permainan outbound di alam terbuka itu diharapkan menghilangkan jarak yang ada antara pimpinan dan bawahan dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Tidak tanggung-tanggung mulai dari pimpinan  sampai bawahan serta dosen terlibat dalam permainan ini. Hal ini diharapkan akan menumbuhkan kesadaran bahwa dalam melaksanakan tugas antara sesama memerlukan kerjasama sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing .

Setelah dilakukan outbond dilakukan instruktur menyimpulkan dari masing-masing permainan antara lain membentuk jiwa leadership, melatih sifat bertanggung jawab, kepedulian, rasa setia kawan, saling bantu dan dukung, ilmu memimpin dan  problem solving. “Leadership tidak hanya perlu untuk pimpinan dan manajemen saja, semua anggota tim harus tahu dan terbentuk kepemimpinan dalam diri mereka.

outbound ini juga membentuk Team Building atau membentuk kekuatan tim. Semua anggota dan peserta outbound akan dilatih untuk terus sadar dan mengetahui bahwa mereka adalah bagian dari tim. Semua lebur menjadi satu tim. “Tujuan akhirnya adalah peningkatankerjasama tim dan tau tufoksi masing-masing.