PKM STAIMA Al-Hikam 2018

By admin 10 Nov 2018, 14:46:30 WIB Kegiatan Kampus
PKM STAIMA Al-Hikam 2018

Aktualisasi Mahasiswa STAIMA dalam Pengabdian kepada Masyarakat

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari tiga unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus diprioritaskan dan dipraktekkan. STAIMA Al-Hikam Malang turut menanamkan hal tersebut kepada mahasiswanya melalui program PKM STAIMA Al-Hikam 2018 yang dilaksanakan di empat desa/kelurahan di wilayah Malang raya.

Kegiatan kuliah berbasis sosial kemasyarakatan yang berlangsung selama empat minggu ini resmi ditutup pada Sabtu (10/11/2018). Penutupan yang berlangsung di kelurahan Tlogowaru  Malang menyempurnakan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh 22 mahasiswa STAIMA Al-Hikam untuk mengembangkan potensi kelurahan setempat.

Penutupan PKM STAIMA Al-Hikam dihadiri oleh Ketua STAIMA Al-Hikam, Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) STAIMA, Kaprodi PGMI STAIMA, Kaprodi MPI STAIMA, Kepala Desa Tlogowaru, Pengasuh Pesantren Nurul Muttaqin Tlogowaru, Pengasuh TPQ, peserta PKM,  warga sekitar dan santri Ponpes Nurul Muttaqin Tlogowaru.

Ketua PPPM STAIMA, Muhammad Yusuf AS, Lc., M.Si.  menyampaikan, bahwa dalam kegiatan PKM yang berlangsung pada Oktober-November ini, mahasiswa STAIMA disebar ke empat lokasi dengan fokus pengabdian pada bidang sosial-keagamaan yang kegiatannya meliputi pengembangan lembaga pendidikan Agama, pemberdayaan SDM TPQ, serta bakti sosial berupa santunan kepada fakir-miskin di wilayah kelurahan Tlogowaru Kedung kandang Malang.

Ketua PPPM Muhammad Yusuf berharap, program yang telah dijalankan dapat memberikan inspirasi pada generasi muda untuk diteruskan karena suatu saat mereka akan tumbuh dan menjadi pahlawan di daerah masing-masing.  Sementara itu, Ketua STAIMA Al-Hikam, Prof. Dr. Kasuwi Saiban, M.Ag. dalam sambutan penutupan PKM menyampaikan keyakinannya bahwa pembelajaran dan pengalaman yang diperoleh mahasiswa melalui PKM ini akan banyak membantu dalam membentuk karakter mahasiswa. “Pengabdian kepada Masyarakat ini nantinya akan bermanfaat saat mahasiswa berkarya di masyarakat setelah lulus dari pendidikan Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Apresiasi terhadap program PKM STAIMA disampaikan oleh Kepala Kelurahan Tlogowaru, Bapak Agus Tri Hartadi, S.Sos., M.Si. beliau mengungkapkan rasa gembiranya dengan adanya PKM dari kampus STAIMA yang programnya fokus pada aspek sosial-keagamaan masyarakat, beliau menyampaikan terima kasih dan berharap ilmu, tenaga, dan pikiran yang telah diberikan pada masyarakat kelurahan Tlogowaru dapat menjadi amal kebaikan bagi semua pihak.

Dalam rangkaian acara Penutupan PKM ini, santri TPQ dan warga kelurahan Tlogowaru menampilkan acara hiburan berupa pentas seni dan drama-puisi, sehingga semakin memeriahkan acara penutupan yang dilengkapi dengan pemutaran video selama kegiatan PKM di kelurahan Tlogowaru. Penutupan PKM diakhiri dengan penandatanganan MoU yang berisi kesepakatan antara fihak STAIMA Al-Hikam Malang  dengan Kelurahan Tlogowaru untuk melanjutkan kerjasama dalam pemberdayaan masyarakat di kelurahan Tlogowaru Malang.

(Staf PPPM STAIMA Al-Hikam Malang/2018)


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda