Santri Al-Hikam Semangat Sambut Ramadhan

By Akhmad Said 16 Jun 2016, 15:03:18 WIBKegiatan Mahasiswa
Santri Al-Hikam Semangat Sambut Ramadhan

Marhaban ya ramadhan. Telah datang bulan yang paling dirindukan seluruh umat muslim. Bulan suci ramadhan, dimana didalamnya terdapat banyak berkah dan nikmat. Pada bulan ini piintu surge dibuka selebar-lebarnya. Pintu neraka ditutup serapat-rapatnya. Para setan dibelenggu dan dipenjara. Bulan ramadhan adalah bulan yang paling mulia dari bulan-bulan yang lainnya. Dimana didalamnya terdapat satu malam yang sangat agung, yaitu malam lailatul Qodar, malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Banyak orang berlomba-lomba untuk mendapat rahmatNya. Suara alunan Al-Qur’an terdengar di setiap penjuru masjid. Salah satu bukti antusias umat muslim dalam menyambut bulan yang suci ini.

Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang yang merupakan Pesantren bagi para Mahasiswa yang sedang menempuh studi di Malang, memiliki agenda yang cukup padat pada bulan suci ini. Para santri yang notabennya mahasiswa tidak hanya mengisi aktivitasnya dengan hanya kuliah dikampus saja. Namun mereka juga mewarnai hari-hari mereka dengan semangat belajar dan mengaji di Pesantren ini. Banyak sekali agenda yang akan dilaksanakan Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang, diantaranya yaitu:

  1. Kajian manajemen qolbu (Kitab Mursyidil Amin) yang di sampaikan oleh Ustad Drs. H. Muhammad Nafi’. Acara ini dimulai setelah sholat ‘ashar tepatnya pukul 16.00 wib. Dimana sebelumnya diawali dengan nadhoman bersama dengan para santri. Pengajian ini membahas tentang bagaimana kita menata hati kita sehingga kita dapat menjadi manusia yang biasa mengendalikan hawa nafsu kita. Dan masih banyak lagi pembahasan-pembahasan menarik yang dapat kita peroleh dari pengajian ini. Acara ini berlangsung pada tanggal 01 – 20 ramadhan 1437 H.
  2. Kemudian dilanjutkan dengan acara buka bersama. Buka bersama ini juga diperuntukkan bagi warga-warga sekitar. Dimana takjil untuk berbuka ini merupakan sodhaqoh dari para hamba Allah yang mulia. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 01 – 27 ramadhan 1437 H.
  3. Selain itu kami juga ada agenda Kultum ba’da sholat terawih dan ba’da sholat subuh. Kultum ini akan disisi oleh beberapa ustad dari Pesantren Mahasiswa Al-Hikam dan beberapa dari luar. Acara ini berlangsung pada tanggal 01 – 20 ramadhan 1437 H.
  4. Pada tanggal 17 ramadhan bertepatan dengan nuzunul qur’an, Pesantren kami akan mengadakan acara peringatan Harlah dan nuzunul qur’an yang inshaa Allah akan di hadiri oleh Dr. KH. A. Hasyim Muzadi, bapak pengasuh Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang dan Depok. Serta KH. Imron Jamil dari Jombang.
  5. Yang terakhir, Pesantren kami juga menerima sekaligus menyalurkan zakat, infaq, dan shodaqoh. Jadi bagi warga yang ingin menyalurkan zakat, infaq atau shodaqohnya bisa langsung menghubungi Takmir Masjid Al-Ghozali Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang.

Berikut beberapa paparan agenda Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang selama bulan ramdhan ini. Semoga segala amal dan ibadah kita selama bulan suci ini diterima oleh Allah swt. Dan kita selalu dikaruniai rahmat-Nya. Segenap keluarga besar Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1437 H. Mohon maaf lahir dan batin.