2003@staima-alhikam.ac.id +6281259438226

STAIMA Al-Hikam Dorong Profesionalisme Dosen Melalui Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula 2024

  • M. Miftahul Aziz, M.Pd.
  • Disukai 0
  • Dibaca 101 Kali
Empat dosen STAIMA Al-Hikam yang lolos sebagai peserta program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) 2024

STAIMA - Dalam rangka memperkuat transformasi menuju Universitas Hasyim Muzadi, STAIMA Al-Hikam Malang kembali menegaskan komitmennya terhadap pengembangan kualitas pendidikan, salah satunya melalui peningkatan profesionalisme dosen.(1/11).

Empat dosen STAIMA Al-Hikam berhasil lolos sebagai peserta program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) 2024 yang diselenggarakan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yaitu Dr. Rahmatullah, M.Pd., Ali Rif’an, M.Pd.I., M. Faishal Haq, M.Pd., dan Dr. Siti Mutholingah, M.Pd.I.

Program PKDP tahun ini dilaksanakan secara hybrid dengan dua tahap. Tahap pertama adalah pembelajaran daring pada 30 Oktober hingga 1 November 2024, dilanjutkan dengan sesi luring di Hotel Kusuma Agrowisata, Malang, mulai 2 hingga 5 November 2024.

Melalui program ini, para dosen diharapkan dapat mengasah empat kompetensi utama yang krusial bagi pendidik, yaitu kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.

PKDP 2024 hadir dengan rangkaian materi yang intensif, dimulai dari upacara pembukaan dan pre-test, serta pembahasan berbagai topik strategis, seperti perencanaan pembelajaran berbasis student-centered, evaluasi pembelajaran, teknik penulisan artikel ilmiah, dan pengembangan karir dosen. Program ditutup dengan post-test dan upacara penutupan yang menjadi refleksi akhir untuk peserta.

Selain itu, PKDP tahun ini memperkenalkan materi tambahan mengenai moderasi beragama, sejalan dengan arahan Kementerian Agama dalam menguatkan semangat toleransi dan kebangsaan di lingkungan akademik. Materi ini diharapkan mampu membentuk para dosen dengan wawasan yang luas dan seimbang dalam keberagaman.

Selama empat hari pembelajaran daring, peserta akan menyelesaikan tugas-tugas penting, seperti pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis kurikulum Outcome Based Education (OBE), media pembelajaran interaktif, hingga artikel ilmiah siap submit. Tugas-tugas ini menjadi langkah konkret dalam memenuhi standar Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) Dikti 2024.

Keikutsertaan dosen STAIMA dalam PKDP 2024 juga menjadi syarat penting menuju sertifikasi dosen. Dengan bertambahnya jumlah dosen tersertifikasi, STAIMA Al-Hikam optimis dapat meningkatkan kualitas pendidikan, yang pada akhirnya berdampak positif bagi kampus dan civitas akademika dalam mencetak lulusan yang unggul dan kompetitif.

Program PKDP ini tak hanya membekali dosen dengan kemampuan mengajar yang lebih baik tetapi juga meningkatkan kontribusi mereka dalam peningkatan mutu pendidikan secara menyeluruh di STAIMA Al-Hikam.