Sosialisasi PLP, PMK, dan PKM STAIMA Al-Hikam Malang

By admin 06 Sep 2021, 09:00:12 WIB Kegiatan Kampus
Sosialisasi PLP, PMK, dan PKM STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA. Tepat hari selasa, 04 September 2021 STAIMA Al-Hikam Malang mengadakan sosialisasi virtual berkaitan dengan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) dan PMK (Praktik Magang Keahlian) yang ditujukan kepada mahasiswa semester akhir (baca; semester 7)

Kegiatan ini mendapat antusiasme yang cukup besar dari para mahasiswa, hal itu dapat dilihat dari banyaknya mahasiswa peserta sosialisasi yang berjumlah hampir 200. yang mau tidak mau hanya bisa berselayang pandang via zoom dan disiarkan melalui Yuotube Al-Hikam TV dan STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang karena terhalang pandemi Covid-19.

Ada 3 pemateri yang hadir dalam acara sosialisasi tersebut, yang mana masing-masing pemateri tersebut menjelaskan satu materi. Pertama PKM yang disampaikan oleh M. Yusuf Agung Subekti, Lc., M.Si, beliau menuturkan bahwa pelaksanaan PKM ini berbasis pendidikan yang bertujuan untuk mengabdi kepada masyarakat dengan niat pelatihan serta dalam rangka mengasingkan diri dari nafsu duniawi selama 40 hari.

Kedua yaitu PLP yang diuraikan oleh kaprodi PAI Umi Salamah, M.Pd.I beliau menjelaskan bagaimana alur pelaksanaannya sedikit berbeda dengan sebelum adanya pandemi, yaitu dilaksanakan secara mandiri dengan ketentuan yang berlaku.

Dan pemateri yang terakhir adalah Zaedun Na’im, M.Pd.I yang memaparkan tentang PMK, didalamnya dijelaskan bahwa dalam PMK ini bicara pengalaman pelaksanaan dilapangan bukan hanya teori.  “ Sehingga saya mengistilahkan dalam program PMK ini adalah 3 in 1 (magang, penelitian, skripsi)” tutur ustadz na’im.

Tugas yang dibebankan kepada mahasiswa sebagai peserta PLP, Magang dan PKM adalah berupa: 1.) Perangkat Pembelajaran sebanyak 4X mengajar materi PAI. 2.) Membuat vidio. 3.) Artikel Ilmiah. Sebagai mana yang disampaikan oleh Ibu Umi Salamah, bahwa penilaian akan dilakukan dengan melihat aspek dari ketiga tugas diatas. Yang akan dinilai oleh Guru Pamong dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Sesuai dengan informasi yang disampaikan dalam acara tersebut, time line agenda tersebut adalah sebagai berikut

  1. Sosialisasi akan dilaksanakan pada                   : 4 September 2021
  2. Pengajuan lembaga akan dilaksanakan pada    : 4 – 10 September 2021
  3. Pendaftaran akan dilaksanakan pada                : 10 -18 September 2021
  4. Pembekalan akan dilaksanakan pada                : 23 September 2021
  5. Pelaksanaan akan dilaksanakan pada                :04 Oktober - 13 November 2021
  6. Pelaporan akan dilaksanakan pada                   :29 November – 3Desember 2021

                                                                                 

 


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda