Terimbas Pandemi, Maba STAIMA Al Hikam Malang Lampaui Ekspektasi

By admin 01 Oct 2020, 22:06:58 WIB Kegiatan Kampus
Terimbas Pandemi, Maba STAIMA Al Hikam Malang Lampaui Ekspektasi

MALANG – Kondisi pandemi Covid-19 memukul semua sektor, tak terkecuali penerimaan mahasiswa baru 2020 di kampus swasta. Ini pula yang dirasakan STAIMA Al-Hikam Malang. Meski begitu, maba kampus yang didirikan KH Hasyim Muzadi ini bisa melampaui ekspektasi.

Ketua PMB STAIMA Al Hikam Umi Salamah MPd mengatakan, PMB tahun ini memang harus dilalui dengan kerja keras semua pihak. "Alhamdulillah setelah melakukan berbagai upaya, PMB tahun ini bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Berbagai upaya telah dilakukan tim yang digawanginya meski harus ekstra. Misalnya, sosialisasi yang dilakukan di awal tahun masih bisa dilakukan secara offline, tapi sejak Maret 2020 otomatis dilakukan secara online dengan mengoptimalkan media-media online.

Hasilnya, PMB di STAI Mahad Aly Al-Hikam Malang yang terdiri dari 3 gelombang selalu ada peningkatan jumlah pendaftar pada setiap gelombangnya.

"Syukur Alhamdulillah PMB tahun 2020 menembus angka 331 calon mahasiswa baru yang tersebar ke dalam empat program studi. Yaitu S1 Pendidikan Agama Islam, S2 Pendidikan Agama Islam, S1 Manajemen Pendidikan Islam, dan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah," ungkap Umi.

Hal ini, kata Umi, menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap STAIMA Al Hikam masih tetap terjaga dan semakin meningkat. Karenanya lembaga akan terus berupaya meningkatkan kualitas baik dalam segi pembelajaran maupun pelayanan.

Para mahasiswa baru ini pun melakukan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) melalui virtual zoom, live streaming Youtube, pada Sabtu, 26 September 2020.

"Penyelenggaraan PKKMB pada dasarnya untuk memberikan pengenalan awal bagi mahasiswa baru, baik berkenaan dengan sejarah kampus, lembaga-lembaga yang ada di kampus," jelasnya.

Maha juga dikenalkan jenis-jenis kegiatan akademik, sistem kurikulum, cara pembelajaran yang efektif di perguruan tinggi, para pimpinan perguruan tinggi, program studi dan dosen, organisasi, dan lain-lainnya. Oleh karena itulah PKKMB merupakan kegiatan yang penting dilaksanakan dan diikuti seluruh mahasiswa baru.

PKKMB ini, sambung Umi, juga merupakan wahana perkenalan awal antar sesama mahasiswa baru. Sehingga dapat lebih mempererat tali persaudaraan dan juga sebagai orientasi penyadaran mahasiswa sebagai insan akademik yang memiliki tanggungjawab sosial sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru STAIMA Al Hikam Malang tahun akademik 2020/2021, selamat bergabung, belajar, berkhidmat, dan berkarya," ucap Umi.

 


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda