Penguatan Moderasi DEMA STAIMA Hadirkan Cicit ke-28 Sulthon Aulia

By admin 03 Feb 2022, 15:44:28 WIB Kegiatan Kampus
Penguatan Moderasi DEMA STAIMA Hadirkan Cicit ke-28 Sulthon Aulia

STAIMA- Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Sekolah Tinggi Agama Islam Mahad Aly Al-Hikam Malang kembali mengadakan seminar nasional dengan tema “Moderasi untuk Membangun Perdamaian”. Dengan Narasumber Sayyid Ibrohim Amin Ad-Daiby Al-Jailani  dari Libanon  yang merupakan keturunan ke 28 Sulthon Aulia Syech Abdul Qodir al-Jailani bersama K.H Mohammad Nafi selaku pengasuh Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. Acara ini dimoderatori oleh Imam Athoir Rakhman M.PD.I. Senin (31/1). Acara berlangsung di lantai 3 Gedung Induk Al-Hikam. jalan cengger ayam no 25 kota malang. Kegiatan ini dibuka dengan iringan sholawat oleh group sholawat pesantren Al-Hikam, Ahbabul Hikam.

Selanjutnya Master of Ceremony (MC) menyampaikan susunan rangkaian kegiatan Seminar Nasional. Sambutan sekaligus pembuka acara seminar Nasional oleh ketua STAI Mahad Aly Al-Hikam, Dr. Moch. Nur Choliq, M. Pd, dan dilanjutkan doa bersama yang dipimpin oleh Abdul hadi Lc. Acara semakin khidmat dengan dimulainya mauidhoh hasanah oleh Sayyid Ibrohim Amin Ad-Daiby Al-Jailani. Intisari dari yang beliau sampaikan antara lain adalah:

“ Islam mengajarkan sopan santun dan akhlak yang baik pada sesama baik itu muslim maupun Non Muslim, perselisihan dan pertikaian yang disebabkan akhlak yang jelek mengakibatkan perdamaian akan sulit terwujud. Gambaran masa depan anak cucu kita, akankah rukun, damai atau tidak itu tergantung kepada kita saat ini”.  tegas Sayyid Ibrohim Amin Ad-Daiby Al-Jailani

Sayyid Ibrahim al-Jailani, selain memberikan pengetahuan hikmah, juga memberikan ijazah yang sanadnya sampai pada Sulthon Aulia Syech Abdul Qodir al-Jailani dan Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW yang bisa diamalkan umat muslim dan akan memberikan manfaat sangat besar bagi mereka yang mau mengamalkan.

Pertama: membaca kalimat tauhid

(100 x)    لا إلهَ إِلاَّ اللهُ

(100 x)   أَسْتَغْفِرُ الله وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ 

‎اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا محمدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ

 (100 x)  

Amaliah tersebut dibaca setiap habis Sholat Mahrib dan Subuh.

Kegiatan penguatan moderasi Dema berjalan dengan penuh semangat serta khidmat ini diakhiri dengan pembacaan doa dan penyerahan cindera mata kepada  Sayyid Ibrahim al-Jailani yang langsung diberikan oleh ketua STAI Mahad Aly Al-Hikam dan Pengasuh Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. (IIN)


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda