Pascasarjana STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang Siap Go Internasional



internasional,kegiatan-kampus

Program Studi S2 PAI STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang menerima tamu dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), studi banding dan sekaligus kuliah tamu yang dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring). Dalam pemaparannya, Dr. Siti Marpuah (UTHM Malaysia) menjelaskan terkait gambaran pendidikan Islam di Malaysia, jenjang pendidikan, kurikulum, muatan-muatan pembelajaran keislaman di Malaysia, dan budaya pendidikan Islam di Malaysia. Sedang Dr. Umi Salamah, M. Pd.I dalam pemaparannya menjelaskan terkait Urgensi Pendidikan Islam di Indonesia. Kaprodi S2 PAI ini menyampaikan bagaimana perkembangan generasi dari mulai baby boomer (lahir setelah peperangan, menjadikan generasi ini memiliki kedisiplinan yang tinggi, mental sekuat baja, prinsip kuat dan berpegang teguh pada loyalitas serta dedikasi yang besar karena didikan orang tua yang keras dengan jumlah saudara yang banyak. Karena lahir di era yang tidak familier dengan teknologi, sehingga saat ini sering kali mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan kecanggihan teknologi), generasi X (hasil didikan dari generasi baby boomer, memiliki karakter yang tidak jauh berbeda, hanya saja mereka mulai mengurangi jumlah anak dan mulai lebih sadar pendidikan dan karir), generasi Y (generasi millennial, melek teknologi, ekspresif dan open minded), dan generasi Z (disebut igeneration, tumbuh menjadi anak-anak yang berpikiran terbuka, suka keberagaman, menyukai hal-hal baru, berfikir kritis dan ingin menjadi berbeda atau membawa perubahan. Memiliki lingkungan yang telah diliputi teknologi setiap saat, mereka cenderung menikmati menggunakan teknologi dan internet). Hal ini membawa dampak terhadap moral. Pendidikan Islam harus mampu beradaptasi dan menjadi solusi di tengah banyaknya pergeseran yang terjadi. Sebagaimana 3 tujuan pokok pendidikan Islam yaitu, Tujuan Jasmaniah (ahdaf al jismiyyah), Ahdaf al aqliyah, dan Ahdaf al ruhiyah. Dalam pengajarannya, pendidikan Islam tidak lepas dari programed curriculum (kurikulum terstruktur) dan hidden curriculum. Kurikulum terstruktur dilaksanakan dalam pembelajaran sedangkan hidden kurikulum dilaksanakan secara structural (Berkaitan dengan tata kelola fasilitas sekolah dan kegiatan sekolah yang bersifat ekstrakurikuler) dan kultural (Mencakup norma sekolah, etos kerja keras, peran dan tanggung jawab, relasi social antar pribadi dan antarkelompok, konflik antarpelajar, ritual dan perayaan ibadah, toleransi, kerja sama, kompetesi, disiplin waktu, ekspektasi guru terhadap murid). (RHM)

Kerjasama yang sudah dilaksanakan sejak lama terkait tri dharma perguruan tinggi (bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat), dan pada hari ini UTHM datang langsung ke Pascasarjana STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang, lembaga yang didirikan oleh KH. Hasyim Muzadi.

Dalam pertemuan ini Dr. Siti Marpuah selaku perwakilan dari UTHM Malaysia, Prof. Dr. Kasuwi Saiban, M. Ag selaku direktur Pascasarjana didampingi Dr. Umi Salamah, M. Pd. I kaprodi S2 PAI Pascasarjana STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang, pengasuh Pesantren Al-Hikam Malang KH. Mohamad Nafi’, M. Nurcholiq, M. Pd Ketua STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang, Misbahul Munir, M. Pd. I Kabag BAAK, membahas terkait kerjasama dan langkah ke depan untuk terus bersinergi dalam pengembangan perguruan tinggi. Ini menjadi awal bagi Pascasarjana STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang untuk go internasional