2003@staima-alhikam.ac.id +6281259438226

STAIMA Al-Hikam Malang Bekali Mahasiswa dengan Konsep Deep Learning untuk Hadapi Dunia Persekolahan

  • M. Miftahul Aziz, M.Pd.
  • Disukai 0
  • Dibaca 4 Kali
Suasana Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2025 di STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

STAIMA - Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2025 di STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang menjadi momentum penting bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada Jumat, (15/8).

Acara yang berlangsung di halaman utama kampus ini menghadirkan narasumber yang menekankan pentingnya Deep Learning sebagai fondasi menghadapi tantangan pendidikan masa kini.

Sejak siang hari, halaman utama STAIMA Al-Hikam Malang dipenuhi antusiasme mahasiswa yang akan menjalani PLP 2025. Agenda tahunan ini merupakan tahap krusial bagi mahasiswa calon pendidik untuk membekali diri sebelum terjun ke sekolah dan madrasah.


Dalam sambutannya, Dr. Hj. Laily Abida, S.Psi., M.Psi., Psikolog, selaku Wakil Ketua I STAIMA Al-Hikam Malang, menekankan bahwa PLP bukan sekadar formalitas akademik, melainkan ruang belajar nyata yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Mahasiswa dituntut untuk memahami deep learning. Pendidikan bukan hanya sebatas modal bicara, melainkan bagaimana membuka wawasan yang luas dan menerapkannya dalam kehidupan nyata. Gunakan kesempatan ini untuk belajar secara mendalam, agar nantinya benar-benar siap menjadi pendidik yang berkualitas,” tegas Laily.

Pesan tersebut mendapat penekanan lebih lanjut dari narasumber utama, Evi Mauludiyah, M.Pd., yang membawakan materi bertema “Deep Learning untuk Pembelajaran Adaptif: Merancang Modul yang Menyenangkan dan Personalisasi.”


Dalam pemaparannya, Evi menyoroti pentingnya menghadirkan pembelajaran yang adaptif, sesuai kebutuhan setiap siswa, serta menyenangkan dan bermakna.

“Deep learning harus berkesadaran, menggembirakan, dan bermakna. Guru maupun calon guru tidak cukup hanya menguasai teori, tetapi juga perlu menghadirkan suasana belajar yang membuat siswa terlibat aktif. Penampilan seorang pendidik harus penuh keyakinan, karena kepercayaan diri adalah bagian dari kunci keberhasilan,” ungkapnya.


Mahasiswa terlihat antusias menyimak paparan materi yang tidak hanya teoritis, tetapi juga aplikatif. Dengan pendekatan personalisasi pembelajaran, calon guru diharapkan mampu merancang modul yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga proses belajar tidak hanya efektif, tetapi juga menyenangkan.

Pembekalan PLP 2025 ini menjadi pijakan awal bagi mahasiswa PAI dan PGMI STAIMA Al-Hikam Malang untuk memasuki dunia pendidikan yang penuh tantangan. Melalui konsep deep learning yang menekankan kesadaran, makna, dan kegembiraan, mahasiswa diharapkan tidak hanya siap secara akademik, tetapi juga mampu menghadirkan pembelajaran yang inspiratif.