Mewujudkan Akreditasi Unggul : Dr. Zainal Arifin, M.S.I. Berbagi Strategi Jitu di STAIMA Al-Hikam

By admin 27 Jan 2024, 08:12:51 WIB Kegiatan Kampus
Mewujudkan Akreditasi Unggul : Dr. Zainal Arifin, M.S.I. Berbagi Strategi Jitu di STAIMA Al-Hikam

STAIMA - STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang menjadi saksi acara sarasehan yang penuh inspirasi dengan tema "Pengelolaan Program Studi Menuju Akreditasi Unggul." Acara ini menampilkan Dr. Zainal Arifin, M.S.I., seorang Asesor Lamdik dan Kaprodi yang juga menjabat sebagai Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di UIN Suka Yogyakarta. (26/1).

Aula pertemuan lantai 2 STAIMA Al-Hikam Malang dipenuhi antusiasme civitas akademika, dosen, dan tenaga pendidikan yang ingin mendengar pandangan serta pengalaman dari seorang ahli pendidikan tinggi.

Dalam paparannya, Dr. Zainal Arifin membagikan wawasan mendalam mengenai strategi dan langkah-langkah yang dapat diambil oleh institusi pendidikan untuk meraih akreditasi unggul. "Akreditasi bukan hanya sekadar angka atau status formalitas. Ini tentang bagaimana kita secara berkelanjutan meningkatkan kualitas pendidikan kita untuk menciptakan lulusan yang unggul dan siap bersaing di dunia kerja," ungkapnya.

Beliau juga menyoroti peran penting dari pengelolaan program studi dalam mencapai akreditasi unggul. "Pengelolaan program studi harus menjadi fokus utama. Dari kurikulum yang relevan hingga pengembangan dosen yang berkualitas, semuanya harus diarahkan untuk mencapai standar tinggi sesuai dengan tuntutan akreditasi," tambah Dr. Zainal.

Pesan yang penting juga disampaikan oleh Dr. Zainal untuk serius dan menjadi perhatian tentang meningkatkan publikasi dosen dan mahasiswa untuk memberikan pelatihan yang serius, kegiatan yang melibatkan mahasiswa, termasuk publikasi jurnal, pengabdian secara internasional juga melibatkan mahasiswa, sumber penelitian yang minim dari Lembaga internasional, reviewer dosen berkenaan dengan jurnal internasional, memperbanyak prestasi dosen, bukan hanya kaprodinya namun juga dosen homebase, dan sering mengundang dosen atau praktisi dari internasional secara daring maupun loring

Pada sesi tanya jawab, para peserta aktif berinteraksi dan bertanya mengenai berbagai aspek pengelolaan program studi, tantangan yang dihadapi, dan strategi konkrit yang dapat diimplementasikan oleh perguruan tinggi.

"Kita harus berani berinovasi, melibatkan pemangku kepentingan, dan terus memperbaharui metode pembelajaran agar sesuai dengan perkembangan zaman," tutup Dr. Zainal Arifin.

Wakil ketua I STAIMA Al-Hikam Malang, Laily Abida, M.Psi, Psikolog.sebagai tuan rumah acara, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan belajar dari pengalaman Dr. Zainal Arifin. " Terima kasih sudah berkenan hadir dalam kesempatan hari ini. Sarasehan ini menjadi titik awal bagi kita untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas pendidikan di institusi kita. Kami berharap dapat belajar banyak tentang bagaimana proses menjadi unggul," ujar putri kelima almagfurlah KH. Ahmad Hasyim Muzadi dan Hj. Mutammimah Hasyim

Acara ditutup dengan semangat yang tinggi, menggugah semangat seluruh peserta untuk berkontribusi aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, seiring dengan upaya menuju akreditasi unggul.


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda