MUSA III STAIMA 2024 : Merebut Puncak Prestasi dalam Lomba Musabaqah Qur'an Se-Jawa Bali

By admin 10 Feb 2024, 11:14:59 WIB Kegiatan Kampus
MUSA III STAIMA 2024 : Merebut Puncak Prestasi dalam Lomba Musabaqah Qur'an Se-Jawa Bali

STAIMA - Sebuah momentum bersejarah terjadi di Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'had Aly Al-Hikam Malang, dengan dibukanya MUSA III (Musabaqah STAIMA) tahun 2024. Acara ini menjadi sorotan utama dengan mengusung kategori lomba yang sangat bergengsi, yaitu Lomba Musabaqah Qiroatil Kutub (MQK), Lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Lomba Musabaqah Syahril Qur’an (MSQ), dan Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).(10/2)

Peserta dari berbagai MA, SMA, dan Pondok Pesantren se-Jawa Bali berbondong-bondong ke STAIMA untuk mengukir prestasi dan menunjukkan kecakapan dalam bidang keilmuan Al-Qur'an. Tema besar yang diusung pada ajang MUSA III kali ini adalah "Aktualisasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam membangun generasi unggul berkarakter qurani menuju Universitas Hasyim Muzadi."

Acara pembukaan ini turut dihadiri oleh Dr. Mochamad Nurcholiq, M.Pd., selaku Ketua STAIMA Al-Hikam Malang, Imam Athoir Rahkman, M.Pd., selaku Kaprodi Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Muhammad Syauqillah, S.E., M.E., selaku Sekretaris Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan civitas akademika, alumni dan seluruh pengurus HMPI PAI dan mahasiswa PAI STAIMA Al-Hikam Malang.

Muhammad Romli, sebagai Ketua Penyelenggara MUSA III, mengungkapkan antusiasme besar dari seluruh peserta dan civitas akademika STAIMA Malang. Ia menyatakan, "MUSA III bukan hanya sebuah ajang kompetisi, tetapi juga sebagai wadah untuk memupuk semangat keagamaan dan keilmuan dalam diri para peserta. Dengan tema yang kami angkat, kami berharap mampu menciptakan generasi yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga berkarakter qurani."

“Ini merupakan amanah untuk melaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Kalah menang sudah biasa, namun perlu menjunjung tinggi sportivitas. Mari sukseskan MUSA III 2024 dengan semangat yang membara,” sambungnya dengan penuh semangat

Kaprodi Pendidikan Agama Islam, Imam Athoir Rahkman, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Prodi PAI STAIMA sudah mulai di dengarkan dan di kenal oleh masyarakat seantero Nusantara.

“Selamat datang di STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang. Gelaran MUSA III ini merupakan juga merayakan Dies Natalis ke 20 prodi Pendidikan Agama Islam. Prodi PAI STAIMA sudah mulai di dengarkan dan di kenal pada wilayah jawa timur dan nasional dengan tetap berkosentrasi untuk mencetak generasi unggul dan berakhlakul karimah,” ujar Ketua Prodi PAI tersebut

Ia juga berpesan kepada seluruh peserta untuk berjibaku untuk menorehkan tinta emas dan prestasi yang gemilang pada Musa III 2024.

“Berjuang dan berlomba-lombalah pada cabang-cabang lomba pada Musa III 2024. Torehkan prestasi dan tinta emas. Sebagai penutup, kami juga menunggu pada semua peserta untuk bisa berkuliah di STAIMA dan bangga menjadi bagian keluarga besar kami,” tandasnya

Pada kesempatan yang sama, Mochamad Nurcholiq memberikan sambutan menginspirasi tentang gelaran MUSA III 2024 yang sangat meriah dan konsisten mengaplikasikan nilai-nilai Al-Qur'an.

“Terima kasih yang sebesar besarnya kepada HMPI PAI yang masih konsisten untuk menjalankan aktifitas MUSA III. Dengan menjaga semangat yang membara semoga ini menjadi amal jariyah untuk seluruh panitia dan pembina,” ungkap pria asal blitar tersebut

“Mari kita sukseskan acara ini,memberikan motivasi untuk menyelenggarakan MUSA pada tahun selanjutnya. Apresiasi yang setinggi tingginya tentang pentingnya memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kiprah prodi PAI STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang semakin di kenal di seluruh nusantara,” tandasnya

Acara secara simbolis dibuka dengan membunyikan anklung secara bersama sama yang berirama.

MUSA III STAIMA 2024 mempertemukan bakat-bakat terbaik dalam bacaan Al-Qur'an. Semua mata tertuju pada para peserta yang akan memberikan yang terbaik untuk mencapai puncak prestasi dalam lomba-lomba yang diikuti.

Keberhasilan MUSA III diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya untuk lebih mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur'an dalam proses pembelajaran dan pengembangan karakter siswa.


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda